SURAT LAMARAN PEKERJAAN
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Pengertian Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja adalah surat resmi yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu
Fungsi surat lamaran Kerja
a. Sebagai tanda bukti tertulis pengajuan surat permohonan pekerjaan
b. Sebagai media atau alat komunikasi
c. Sebagai bahan pertimbangan penerimaan pekerjaan
Menurut Jenis Pembuatannya
a. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae).
b. Surat lamaran pekerjaan yang dipisahkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae).
Struktur Surat Lamaran Kerja
1. Tempat dan tanggal surat
2. Perihal
3. Lampiran
4. Alamat yang dituju
5. Salam pembuka
6. Isi surat
a. Alinea pembuka
b. Alinea isi
c. Alinea penutup
7. Salam penutup
8. Nama jelas pengirim
9. Tanda tangan
Kaidah Kebahasaan Surat Lamaran Kerja
1. Ketepatan pilihan kata
Surat Lamaran Kerja adalah surat resmi yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu
Fungsi surat lamaran Kerja
a. Sebagai tanda bukti tertulis pengajuan surat permohonan pekerjaan
b. Sebagai media atau alat komunikasi
c. Sebagai bahan pertimbangan penerimaan pekerjaan
Menurut Jenis Pembuatannya
a. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae).
b. Surat lamaran pekerjaan yang dipisahkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae).
Berdasarkan Sumber Informasi Lowongan Kerja
a. Surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan media cetak.
b. Surat lamaran pekerjaan berdasarkan informasi dari media audio (radio).
c. Surat lamaran pekerjaan berdasarkan informasi dari orang lain.
d. Surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri.
Isi Surat Lamaran Kerja
Isi surat lamaran pekerjaan yaitu informasi yang tertulis dalam surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan berisi permohonan seorang pelamar pekerjaan agar diterima bekerja di tempat yang dilamar.
Aspek Penting dalam Surat Lamaran Kerja
Aspek-aspek penting yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan terdiri atas pernyataan umum (tesis) dan argumentasi. Pernyataan umum (tesis) berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar. Sementara itu, argumentasi berfungsi menguatkan pernyataan umum (tesis).
Simpulan Sistematika dan Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan
Simpulan sistematika dan unsur-unsur surat didapatkan dengan menggali informasi dalam surat lamaran. Informasi yang dapat digali seperti tempat dan waktu pembuatan surat lamaran, identitas pelamar, isi surat lamaran, informasi penguatan identitas pelamar, serta salam pembuka dan penutup.
1. Tempat dan tanggal surat
2. Perihal
3. Lampiran
4. Alamat yang dituju
5. Salam pembuka
6. Isi surat
a. Alinea pembuka
b. Alinea isi
c. Alinea penutup
7. Salam penutup
8. Nama jelas pengirim
9. Tanda tangan
Kaidah Kebahasaan Surat Lamaran Kerja
1. Ketepatan pilihan kata
2. Kebenaran dan keefektifan struktur kalimat
3. Kepaduan paragraf
4. Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca
Penyusunan Surat Lamaran Pekerjaan
Cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar sebagai berikut.
1. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
2. Tulislah dengan kalimat singkat, padat, dan jelas.
3. Tulislah secara manual menggunakan tangan.
4. Perhatikan kebersihan surat lamaran pekerjaan.
5. Isi secara jelas data diri dan informasi tentang diri Anda dan lampirkan dokumen-dokumen pendukung.
6. Lampirkan sertifikat pendukung yang bisa menambah nilai lebih pada diri Anda.
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Postingan populer dari blog ini
MATERI TEKS CERAMAH
Definisi Ceramah Ceramah adalah kegiatan berbicara untuk menguraikan suatu objek tertentu atau pengetahuan di depan pendengar atau audiensi. Ciri-Ciri Ceramah a. Biasanya disampaikan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu tertentu. b. Menginformasikan topik yang dapat memperluas pengetahuan. c. Ada komunikasi dua arah antara pembicara dan pendengar. d. Dapat disajikan menggunakan alat bantu. e. Ceramah memiliki objektivitas dan unsur-unsur yang mengandung kebenaran. f. Ceramah harus dapat menghidupkan suasana. Informasi dan Permasalahan Aktual dalam Ceramah Informasi merupakan pemberitahuan atau pemberian kabar tentang sesuatu. Pokok-pokok isi informasi bisa didapatkan dengan memperhatikan unsur-unsur 5W (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa) dan 1H (bagaimana) dalam penyampaian informasi. Permasalahan aktual adalah sebuah peristiwa yang betul-betul terjadi dan sedang menjadi pembicaraan orang banyak. Cara memahami informasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut
LOMBA STAND UP COMEDY SINGOJURUH BANYUWANGI
TEKS PROSEDUR KOMPLEKS
Pengertian Teks Prosedur Teks prosedur adalah jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu yang dikerjakan melalui langkah-langkah sistematis atau teratur. Ciri-Ciri Pengertian Teks Prosedur Berikut ciri-ciri teks prosedur. 1. Berisikan langkah-langkah. 2. Disusun secara informatif. 3. Dijelaskan secara terperinci. 4. Bersifat objektif. 5. Menggunakan syarat atau pilihan. 6. Kalimat jelas, logis, dan singkat. Jenis-Jenis Teks Prosedur 1. Teks prosedur yang menjelaskan proses sesuatu bekerja atau instruksi secara manual. 2. Teks prosedur yang menginformasikan aktivitas tertentu dengan peraturannya. 3. Teks prosedur yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. Tahapan-tahapan dalam teks prosedur Tahapan-tahapan dalam teks prosedur ditandai dengan kalimat imperatif karena mengandung banyak perintah. Teks prosedur juga dapat berupa kalimat deklaratif. Kalimat deklarat
Materi yang diketik dengan sederhana tapi lengkap.
BalasHapusTerima kasih,
Semangat terus
Mudah di pahami
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMateri yang dijelaskan sangat jelas dan mudah dipahami
BalasHapusMateri yang diketik singkat padat dan jelas , juga mudah dipahami
BalasHapusSangat membantu dan mudah untuk dipahami
BalasHapus